Social Media Agency: Definisi, Tugas, dan Manfaatnya

Istilah agensi media sosial atau social media agency pasti sudah tidak asing lagi untuk Anda, kan? Namun, apakah Anda sudah mengenal secara mendalam tentang agensi ini. Perlu Anda ketahui bahwa agensi media sosial berbeda dengan agensi pemasaran digital. Artikel ini membahas mengenai agensi media sosial mulai dari definisi, tugas, hingga manfaatnya!

Definisi Social Media Agency

Secara umum, agensi media sosial adalah sebuah agensi yang menawarkan layanan atau jasa yang berhubungan dengan media sosial. Agensi akan membantu memenuhi kebutuhan klien secara menyeluruh mulai dari konsep, strategi, hingga eksekusi konten. Mengingat kebutuhan pemasaran di media sosial semakin tinggi, sekarang semakin banyak juga agensi media sosial di pasaran.

Tugas Agensi

Tugas agensi media sosial bisa membantu Anda mengenal agensi ini lebih dalam. Langsung saja, berikut ini adalah tugas-tugasnya:

1. Social Media Planning

Agensi akan membantu Anda dalam melakukan social media planning. Jadi, Anda tidak perlu pusing-pusing membuat strategi atau perencanaan media sosial sendiri. Agensi melakukannya dengan baik sehingga meningkatkan efektivitas social media campaign. Dalam melakukan social media planning, agensi akan mengedepankan analytical thinking sehingga hasilnya mudah untuk direalisasikan.

2. Social Media Content

Media sosial selalu berhubungan dengan konten. Jadi, tidak heran jika agensi menawarkan layanan berupa social media content. Agensi bisa membuat berbagai macam konten sesuai keinginan klien. Mulai dari memes, infografis, video, artikel, hingga motion graphic. Bukan hanya sekedar konten yang berpotensi viral saja, agensi akan membuat konten yang menarik dan juga bermanfaat untuk audiens. 

3. Social Media Monitoring

Tugas social media agency selanjutnya yaitu social media monitoring atau memonitor percakapan di media sosial. Agensi akan melakukan pendekatan kepada audiens agar mereka mau melirik brand Anda. Pendekatan tersebut bisa berupa konten positif maupun influencer. Agensi juga akan menilai bagaimana reaksi konsumen terhadap jasa, layanan, atau produk Anda. 

4. Research Analytic

Tugas dari agensi media sosial memang sangat mendalam. Research analytic berhubungan dengan riset komunikasi klien. Nantinya, hasil riset tersebut akan digunakan untuk merancang strategi yang tepat dan membuat rekomendasi kebijakan komunikasi. 

5. Crisis Management

Tugas agensi juga sampai pada crisis management. Agensi akan mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai macam isu (krisis) yang sedang berlangsung. Tentu saja, isu yang akan diidentifikasi dan dievaluasi adalah isu yang dapat berdampak pada perusahaan atau brand Anda. 

6. Social Media Ads

Tugas terakhir tentu saja adalah social media ads. Salah satu hal yang sangat penting untuk para pebisnis saat ini. Social media ads bisa membantu meningkatkan bisnis secara lebih cepat. Contoh social media ads yaitu Instagram Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, YouTube Ads, dan lain sebagainya.

Manfaat Agensi

Selain tugasnya, Anda juga perlu mengetahui manfaat agensi media sosial untuk bisnis Anda. Langsung saja, berikut ini adalah berbagai manfaatnya: 

  1. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi biaya yang dikeluarkan perusahaan.
  2. Mempermudah pekerjaan pemasaran melalui media sosial.
  3. Hasil kerja lebih maksimal karena agensi memiliki pengalaman yang tinggi.
  4. Membantu branding perusahaan Anda.
  5. Membantu mengembangkan bisnis dengan lebih cepat.

Inilah Agensi Terbaik yang Bisa Anda Pilih

Bekerja sama dengan social media agency memang memberikan banyak keuntungan untuk bisnis Anda. Namun, pastikan Anda memilih agensi yang kredibel dan terpercaya. Rekomendasi agensi terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan adalah IDEOWORKS. 

Agensi satu ini sebenarnya tidak hanya menawarkan layanan media sosial saja, namun semua layanan yang berhubungan dengan pemasaran. Jadi, Anda bisa memenuhi semua kebutuhan hanya dari satu agensi saja. IDEOWORKS berisi orang-orang yang kompeten untuk membantu memaksimalkan pemasaran. Yuk, hubungi tim IDEOWORKS sekarang juga untuk melakukan konsultasi.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *