Beberapa Penyebab Mata Merah Terus Menerus

Mata merah merupakan salah satu gangguan indera penglihatan yang tentu dapat mengganggu kita dalam beraktivitas. Bahkan jika mata merah terus menerus, hal tersebut membuat tak jarang membuat kita risih dan merasa tidak nyaman.

Kemerahan pada area mata sendiri bisa terjadi oleh berbagai hal, diantaranya karena masuknya debu atau partikel asing ke dalam mata, infeksi, alergi, cedera, ataupun akibat terkena paparan sinar matahari. Selain itu, mata merah juga dapat disebabkan oleh beberapa hal-hal lain, seperti:

  1. Mata kering

Mata kering terjadi akibat kelenjar air mata yang tidak bisa memproduksi air mata yang cukup. Hal inilah yang dapat membuat mata terasa kering dan iritasi sehingga mengakibatkan timbulnya kemerahan.

Selain itu, mata kering juga bisa dipicu oleh cuaca panas, terlalu lama menggunakan kontak lens, paparan debu atau polusi dan lain sebagainya. Biasanya, kekeringan pada mata dapat menyebabkan rasa gatal, perih dan juga bengkak. 

  1. Kelelahan

Penyebab mata merah terus menerus bisa juga diakibatkan oleh terlalu lamanya bekerja di depan komputer atau menatap layar gadget. Tak hanya merah, kelelahan mata bahkan terkadang juga disertai sakit kepala dan mata yang terasa sangat kering.

Untuk itu, pastikan Anda beristirahat sejenak setiap beberapa jam agar mata tetap lembab dan sehat.

  1. Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan salah satu penyebab paling umum terjadinya kemerahan pada mata. Kondisi inilah yang menyebabkan mata membengkak, dan membuat mata terlihat merah bahkan terasa kesat.

Konjungtivitis biasanya disebabkan oleh infeksi dari virus atau bakteri, alergi atau iritasi pada mata. Perlu diketahui, konjungtivitis yang diakibatkan infeksi bisa menular, sedangkan konjungtivitis karena alergi atau iritasi tidak akan menular.

Itulah dia beberapa penyebab terjadinya kemerahan pada mata yang wajib Anda ketahui. Meski bukan merupakan penyakit yang berbahaya, jika mata merah terjadi secara terus menerus Anda wajib untuk segera mengatasinya.

Jadi saat gangguan ini terjadi, segeralah teteskan obat mata Insto untuk mengatasinya. Obat tetes mata ini dapat berfungsi sebagai pelumas menggantikan peran air mata alami.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *